Selasa, 16 Maret 2010

Apakah Khodam Itu?


Banyak yang bertanya kepada saya mengenai khodam,apa artinya ,bagaimana bentuknya dan seperti apa wujudnya..artikel ini saya tulis untuk memberi sedikit pencerahan tentang apakah khodam itu sebenarnya agar kita memahami tentang khodam dan hubunganya dengan manusia.

Khodam adalah bentuk jamak dari khodim atau yang jika dalam bahasa indonesia artinya pembantu.kata khodim jika dalam bentuk jamak menjadi khuddam dan karena dialeg bahasa indonesia menjadi khodam. Mereka yang mempelajari ilmu gaib akan sering mendengar istilah ini atau akrab dengannya. Oleh para pemburu ilmu khodam sering juga disebut pembantu gaib.

Khodam di bagi menjadi 2 macam yaitu khodam jin dan khodam malaikat,khodam jin dibagi menjadi dua yaitu khodam mukmin dan khodam kafir. Sedangkan khodam malaikat seluruhnya bertujuan untuk membantu kebaikan manusia. Dalam pandangan para ulama ada banyak kontroversi tentang apakah boleh manusia bersahabat dengan jin, ada yang membolehkanya,ada yang tidak berpendapat dan adapula yang melarangnya,namun kita tidak akan membahas perbedaan pendapat itu. Namun satu hal yang harus di catat bahwa selama ini para ulama sebenarnya hanya tidak ingin manusia memuja muja khodam hingga dikhawtirkan ke arah perbuatan syirik.

Bagi anda yang sudah mendalami syariat dan mengetahui tentang mana yang boleh dan tak boleh bisa anda pahami sendiri. Siapapun yang memiliki pendamping yang baik,maka membuatnya semakin taat dan takut kepada Allah menjalani syariatnya dan jauh dari perbuatan zindiq maka itu adalah sebagian dari ilmu hikmah yang di karuniakan kepadanya. Namun siapa yang berkhodam namun membuat dirinya mejauh dari takwa, menelantarakan iman dan tidak menjalani syariat maka hnaklah ia bertaubat kepada Allah dengan sebenar benarnya taubat.

Semoga bagi mereka yang menempuh ilmu hkmah atau makrifat hendaklah menjadikan syariat sebagai landasan utama dalam menjalaninya. Insya Allah ilmu anda menjadi ilmu yang manfaat. Amien.

1 komentar:

Unknown 25 Maret 2021 pukul 17.18  

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

Posting Komentar

Teman Yg Setia

  © Muhammad Rizky Original Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP